Scroll untuk membaca artikel
Sabtu, 03 Desember 2022 | 15:25 WIB

Wahbi Khazri Umumkan Pensiun Usai Tunisia Tersingkir di Piala Dunia 2022 Qatar

Yanti Agustjik
Wahbi Khazri Umumkan Pensiun Usai Tunisia Tersingkir di Piala Dunia 2022 Qatar
Wahbi Khazri mencetak 25 gol dalam 74 caps internasional untuk Tunisia dan mencetak gol dalam pertandingan terakhirnya untuk Carthage Eagles. (AFP)

Pemain timnas Tunisia Wahbi Khazri mengumumkan bahwa dirinya telah resmi pensiun dari dunia sepak bola pasca negaranya tersingkir dari Piala Dunia 2022, Qatar. Penyerang berusia 31 tahun itu pensiun sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang untu negaranya di Piala Dunia.

Khazri mencetak gol pada saat Tunisia meraih kemenangan saat bertemu dengan Prancis pada pertandingan terakhir Grup D Piala Dunia. Ia mencetak gol di menit ke-58 dan membawa Tunisia meraih kemenangan atas Prancis pada pertandingan yang berlangsung di Education City Stadium itu.

Namun sayang, golnya tersebut tidak mampu membawa Tunisia untuk lolos dari babak penyisihan grup karena finish di posisi ketiga dengan hanya mengumpulkan empat poin. Mereka hanya menang sekali, imbang sekali, dan kalah sekali dalam pertandingan penyisihan grup.

"Saya bangga dengan apa yang saya berikan kepada negara saya selama beberapa tahun terakhir, dan saya yakin masa depan generasi ini cerah. Setelah pertandingan, dan dalam pertemuan yang melibatkan semua pemain dan staf teknis dan administrasi, saya memberi tahu semua orang bahwa momen ini tepat, dan saya berterima kasih kepada semua orang dan berharap mereka sukses," kata Khazri.

Baca Juga:Bertabur Bintang, Ini 4 Pemeran The Glory dan Karakternya!

Gelandang Saint-Etienne Wahbi Khazri melakukan selebrasi setelah mencetak gol indah guna membawa timnya menyamakan kedudukan 1-1 atas Metz selama pertandingan Ligue 1 Prancis (30/10/2021). (AFP)
Gelandang Saint-Etienne Wahbi Khazri melakukan selebrasi setelah mencetak gol indah guna membawa timnya menyamakan kedudukan 1-1 atas Metz selama pertandingan Ligue 1 Prancis (30/10/2021). (AFP) (sumber:)

Khazri merupakan pesepakbola yang lahir di pulau Corsica, Prancis. Ia dengan senang hati mengamankan kemenangan atas negara tempat Tunisia memperoleh kemerdekaan pada tahun 1956 - yang telah menjadi koloni Prancis sejak tahun 1880-an. "Mengalahkan Prancis, mencetak gol dan menjadi penentu, itu lebih indah," katanya.

Secara total, mantan pemain Bastia, Bordeaux, Sunderland dan Saint-Etienne itu mencetak 25 gol dalam 74 pertandingan internasional untuk Tunisia. Selain mewakili Tunisia di dua Piala Dunia, Khazri juga bermain di lima edisi Piala Afrika yang berbeda.

Sementara itu, masa depan pelatih Tunisia Jalel Kadri juga belum ditentukan - pelatih berusia 50 tahun itu menolak untuk membicarakan situasinya setelah berakhirnya kampanye Grup D mereka.

"Kontrak yang saya miliki didasarkan pada tujuan. Tujuannya tidak terpenuhi tapi kami masih memiliki waktu untuk melihat hal-hal sebelum kami mengambil keputusan akhir. Itu akan tergantung pada federasi Tunisia,” kata dia.

Pada Piala Dunia edisi ke 22 ini, Tunisia belum mencetak gol dari 27 tembakan yang mereka lepaskan selama pertandingan penyisihan grup sebelum menang melawan Prancis pada pertandingan pamungkas Grup D.

Baca Juga:Legenda Sepak bola, Pele Didiagnosa Menderita Infeksi Pernapasan Hingga Dirawat di Rumah Sakit

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Sport

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda