Kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia Meminta Maaf Sambil Menangis untuk Negaranya Pasca Kekalahan dari Senegal

Kami menawarkan permintaan maaf kepada seluruh Ekuador," kata Valencia, menangis setelah kekalahan 2-1 Selasa dari juara Afrika Senegal yang menghentikan mereka untuk maju.

Yanti Agustjik
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:41 WIB
Kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia Meminta Maaf Sambil Menangis untuk Negaranya Pasca Kekalahan dari Senegal
Penyerang Ekuador Enner Valencia merayakan golnya pada pertandingan sepak bola Grup A Piala Dunia 2022 Qatar antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha (20/11/2022). Karimj/AFP

Kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia tidak bisa menahan air matanya tatkala dirinya membuat penyataan maaf kepada negaranya karena tidak berhasil lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022, Qatar.

Ekuador nyaris mengulang sejarah mereka jika dapat lolos ke babak 16 besar sebagaimana yang pernah mereka lakukan di Piala Dunia tahun 2006.

“Kami menawarkan permintaan maaf kepada seluruh Ekuador," kata Valencia, menangis setelah kekalahan 2-1 Selasa dari juara Afrika Senegal yang menghentikan mereka untuk maju. "Kami tidak mengharapkan ini, kami sangat senang dengan apa yang kami lakukan. Sayangnya kami tidak dapat memenuhi harapan Ekuador," tambahnya.

Namun, pemain berusia 33 tahun itu tetap menjadi pahlawan bagi negaranya karena menjadi pencetak gol terbanyak Ekuador sepanjang masa dengan mengantongi tiga gol dalam kemenangan 2-0 atas Qatar dan hasil imbang 1-1 melawan Belanda ketika mereka pantas menang dan mengamankan tiket ke babak sistem gugur.

Baca Juga:Akui Kurang Cerdas, Pinkan Mambo Suruh Rizky Billar Ceraikan Lesti Kejora karena Ingin Viral dan Dapat Cuan

Hasil imbang akan terjadi melawan Senegal, tetapi Ekuador membayar dua penyimpangan konsentrasi untuk memberikan penalti dan kemudian gol kedua langsung setelah euforia untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

"Sayangnya itu sepak bola, itu menggigit Anda," kata bek Angel Preciado. "Kami sangat menyesal tidak lolos dan kami berterima kasih kepada bangsa kami atas dukungan sepenuh hati mereka,” kata dia.

Sepak Bola - Piala Dunia FIFA Qatar 2022 - Grup A - Ekuador v Senegal - Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar - 29 November 2022 Enner Valencia Ekuador beraksi REUTERS/Stephane Mahe.
Sepak Bola - Piala Dunia FIFA Qatar 2022 - Grup A - Ekuador v Senegal - Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar - 29 November 2022 Enner Valencia Ekuador beraksi REUTERS/Stephane Mahe. (sumber:)

Pendukung Ekuador sedih tetapi juga bangga bahwa tim peringkat 44 mereka telah melakukannya dengan baik. "Mereka memberikan segalanya dan pada akhirnya tidak bisa menang, tapi mereka menunjukkan bahwa mereka bisa menyamai tim yang lebih besar," kata Margarita Vidal, 36, di sebuah taman di kota pantai Guayaquil.

"Ekuador dibicarakan dan dikenal di banyak negara, itu adalah pencapaian yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dari kami," tuturnya.

Media Ekuador kemudian bersatu memuji pelatih Gustavo Alfaro yang mengubah tim dengan suntikan bakat segar untuk melengkapi pengalaman Valencia. "Pemuda: warisan Gustavo Alfaro untuk tahun 2026," adalah tajuk utama surat kabar terkemuka Ekuador El Comercio, menantikan Piala Dunia berikutnya.

Baca Juga:Tembus Rp7.496 Triliun, Sri Mulyani: Utang Indonesia Masih Aman

Ekuador sebenarnya melangkah dengan optimis tatkala mereka mampu mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 dan menahan imban Belanda 1-1. Namun, peluang lolos 16 besar yang sudah di depan mata semuanya sirna karena mereka dikalahkan Senegal di partai penentuan tersebut. Ekuador ditaklukkan Senegal dengan skor 2-1.

Sport

Terkini

Sebuah postingan di Media Sosial Instagram pada tanggal 11 Februari 2023 oleh akun @flateartfightclub memperlihatkan foto formasi awan merah melingkar di atas peta Turki dan Suriah utara dengan tulisan, "#HAARP cloud; lalu berminggu-minggu kemudian; GEMPA BUMI DAN KEMATIAN besar-besaran,".

News | 12:28 WIB

Penghujung Bulan Februari sudah datang, dan bersiap menghadapi Bulan Maret di Tahun 2023 ini. Di setiap bulannya, banyak hari-hari yang merupakan peringatan atas sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal yang dimaksud baik untuk di Indonesia atau diperingati masyarakat dunia.

Lifestyle | 12:23 WIB

Beredar kabar bahwa FBI mengklaim adanya peringkat "Tanda Zodiak yang Paling Berbahaya". Satu postingan di Media Sosial Facebook pada 19 Agustus 2019 yang tersebar luas mengklaim bahwa FBI bahkan mencari astrologi untuk mengetahui siapa yang mungkin menjadi penjahat.

Lifestyle | 12:13 WIB

Acara Kuliner Cuan Bersama QRIS BNI. Acara dihadiri oleh Pemimpin BNI Wilayah 12 Bpk. Mahrauza Purnaditya, Pemimpin BNI KC Pecenongan Bpk. Yari Yudho, Camat Gambir Bpk. Andri Ferdian, Kapolsek Sawah Besar Bpk. Binsar dan Bapak Slamet Riyadi selaku Ketua UMKM Jakarta Pusat.

News | 16:26 WIB

"Dila, gue tau elu, gue tau keluarga lu. Bapak lu orang kaya, ruko dimana-mana, di BSD sanasini, dimana-mana. Mami lu juga kaya, hartanya dimana-mana," kata Miss Ajeng.

Entertainment | 16:46 WIB

Tahun 2022 baru saja berlalu, dan sudah memasuki Tahun 2023 tepat di hari ini, pada tanggal 1 Januari 2023. Ustadzah Halimah Alaydrus mengadakan acara Maulid di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat.

Lifestyle | 21:12 WIB

Sebuah akun bernama Candra Dwiyanto menuliskan "Tiap tanda tangan untuk keperluan administrasi sering dikira bercanda, padahal emang ini tanda tangan resmi di KTP, ijazah dan buku tabungan".

News | 11:23 WIB

Terlihat orang tersebut menghina gelar Sarjana Pendidikan dengan Profesi Guru yang dianggapnya bergaji sangat rendah dengan nilai ratusan ribu. Bahkan, sudah ditambah dengan bekerja tambahan pun tidak dapat mencapai Upah Minimum (UMR).

News | 11:18 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Rabu, 14 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com

Lifestyle | 08:57 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Rabu, 14 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com

Lifestyle | 08:53 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

Jerinx SID juga akan menolak jika ada perempuan yang ingin foto berdua saja dengan dirinya.

Gosip | 19:05 WIB

Dewi Perssik mengingatkan warganet agar tidak terlalu mengagung-agungkan perempuan berkerudung.

Gosip | 18:32 WIB

Istri Jerinx SID, Nora Alexandra juga tidak setuju apabila sang suami menjadi politisi.

Gosip | 18:13 WIB

Kiky Saputri memberi kejutan uni di ulang tahun suaminya, M. Khairi.

Gosip | 18:11 WIB

Lina Mukherjee bahkan merasa tidak masalah andai ia ditahan di kantor polisi.

Gosip | 17:58 WIB
Tampilkan lebih banyak