Pencetak Gol Termuda dan Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Dunia

Tahukah kalian mengenai gol gelandang muda FC Barcelona yakni Gavi pada saat Spanyol mengalahkan Costa Rica dengan skor telak 7-0 pada pertandingan semalam. Gavi mencetak gol tersebut pada usianya yang ke 19 tahun dan 110 hari. Ia mencetak gol kelima dari tujuh gol Spanyol tersebut.

Yanti Agustjik
Kamis, 24 November 2022 | 08:51 WIB
Pencetak Gol Termuda dan Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Dunia
Pencetak Gol Termuda dan Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Dunia

Dari sekian banyak edisi Piala Dunia yang telah berlangsung, selalu terjadi momen-momen dan peristiwa yang menakjubkan untuk dicatat oleh sejarah. Salah satunya soal pencetak gol pada kompetisi piala empat tahunan sekali.

Jika digali sebuah pertanyaan tentang siapakah pencetak gol tertua dan termuda di Piala Dunia, kira-kira siapa pemain pilihan yang Anda akan pilih untuk menjadi jawabannya?

Tahukah kalian mengenai gol gelandang muda FC Barcelona yakni Gavi pada saat Spanyol mengalahkan Costa Rica dengan skor telak 7-0 pada pertandingan semalam. Gavi mencetak gol tersebut pada usianya yang ke 19 tahun dan 110 hari. Ia mencetak gol kelima dari tujuh gol Spanyol tersebut.

Namun ternyata, Gavi bukanlah pemain termuda yang mencetak gol di kompetisi ini. Usia Gavi ternyata lebih tua dari Pele pada tahun 1958 ketika pemain legenda Brasil tersebut mengantongi 12 gol pertamanya dalam 14 pertandingan Piala Dunia yang berlanjut ke turnamen tahunan 1970.

Baca Juga:KWB Auto Rally 2022, Upaya Pemkot Batu Kenalkan Desa Wisata Lewat Kegiatan Otomotif

Usia Gavi ternyata 200 hari lebih tua dari Pele waktu itu. Ini berarti Pele menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Dunia saat dirinya masih berusia 17 tahun lebih 255 hari. Tidak ada pemain di Piala Dunia yang lebih muda dari rekor usia Pele.

Tapi ada beberapa pemain yang seumuran dengan Gavi seperti Jewison Bennette dari Kosta Rika, Bilal El Khannous dari Maroko, Youssoufa Moukoko dari Jerman, Garang Kuol dari Australia, dan Abdul Fatawu Issahaku dari Ghana juga berusia 18 tahun. Moukoko dan Kuol lebih muda dari Gavi, yang pertama berusia 18 tahun pada 20 November dan yang terakhir pada 15 September.

Gavi saat berseragam Spanyol. (AFP)
Gavi saat berseragam Spanyol. (AFP) (sumber:)

Sementara itu, rekor pencetak gol tertua dalam sejarah Piala Dunia dipegang oleh Roger Milla yang berusia 42 tahun 39 hari hari ketika dia mencetak gol untuk Kamerun di Piala Dunia 1994. Dia adalah pemain tertua di Piala Dunia hingga Faryd Mondragon, 43, bermain di turnamen 2014.

Pemain tertua yang bisa melihat lapangan di Qatar adalah kiper Meksiko Alfredo Talavera, yang berusia 40 tahun pada 18 September. Pemain lapangan tertua adalah Atiba Hutchinson dari Kanada. Pemain berusia 39 tahun itu lahir pada 8 Februari 1983, 18 hari sebelum bek Portugal Pepe. Dani Alves dari Brasil juga berusia 39 tahun.

Baca Juga:Bocah Usia 6 Tahun Selamat Setelah Terkurung 48 Jam di Bawah Reruntuhan

Sport

Terkini

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakLeo,VirgodanLibrauntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:21 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakTaurus,GeminidanCanceruntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:18 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakAquarius,PiscesdanAriesuntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:14 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikutramalan zodiakScorpio,SagitariusdanCapricornuntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:10 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Sabtu, 3 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com.

Lifestyle | 10:13 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Sabtu, 3 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com:

Lifestyle | 10:06 WIB

"Aku ingin jadi istrimu, Pak Sambo. Love you," kata Sarifah Imas Sahab.

News | 10:02 WIB

Menuai simpati publik ketika Yessy menuliskan "Undangan yang disebar nama aku, undangan yang disebar foto aku, tapi begitu hari H pengantinnya bukan aku". Sekitar 785ribu orang menyukai video tersebut dan memberi dukungan terhadap Yessy.

Entertainment | 09:51 WIB

Dengan kegagalan Australia untuk membuat kelas Piala Dunia, bek Real Madrid David Alaba pergi ke Maladewa untuk beristirahat dan memulihkan diri tampak setiap inci pesepakbola profesional sedang berlibur saat ia berpose di pantai dengan gaya paling tajam.

Lifestyle | 20:48 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Jumat, 2 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com.

Lifestyle | 10:32 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Jefri Nichol lagi-lagi menantang haters untuk adu tinju secara langsung, lantas apa akibatnya di mata hukum?

Gosip | 17:19 WIB

Menjalani treatment kecantikan, Meriam Bellina mengaku merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah.

Gosip | 16:50 WIB

Jefri Nichol menerima tantangan warganet untuk adu tinju dengan Guido Ilyasa hingga mengajak Rizky Billar untuk tanding sekalian.

Gosip | 16:24 WIB

Rayyanza sudah banyak belajar walau usianya baru 1 tahun.

Gosip | 16:08 WIB

Kang Rashied sempat dirawat di rumah sakit.

Gosip | 15:37 WIB
Tampilkan lebih banyak