Mengenal Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia

Stephanie Frappart, wasit asal Prancis yang memegang rekor menjadi wasit perempuan pertama yang ditunjuk sebagai ofisial wasit keempat pada pertandingan Grup C Piala Dunia yang mempertemukan timnas Meksiko dan Polandia di 974 Stadium pada Selasa (22/11/2022) kemarin.

Yanti Agustjik
Rabu, 23 November 2022 | 21:33 WIB
Mengenal Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia
[1/3] Sepak Bola - Piala Dunia FIFA Qatar 2022 - Grup C - Meksiko v Polandia - Stadion 974, Doha, Qatar - 22 November 2022 Resmi Keempat Stephanie Frappart REUTERS/Hannah Mckay. (AFP)

Stephanie Frappart, wasit asal Prancis yang memegang rekor menjadi wasit perempuan pertama yang ditunjuk sebagai ofisial wasit keempat pada pertandingan Grup C Piala Dunia yang mempertemukan timnas Meksiko dan Polandia di 974 Stadium pada Selasa (22/11/2022) kemarin.

Frappart juga menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pada tahun 2020 kemarin. Wasit perempuan berusia 38 tahun itu juga pernah memimpin pertandingan di Liga 1 Prancis dan Liga Eropa.

Wasit kelahiran 14 Desember 1983 itu telah berada terdaftar di wasit internasional FIFA sejak tahun 2009. Pada tahun 2021 Frappart menjadi wanita pertama yang memimpin dari pertandingan Kualifikasi Piala Dunia putra.

Stephanie Frappart juga pernah meraih penghargaan wasit wanita terbaik dunia tiga tahun berturut-turut yakni pada tahun 2019, 2022, dan 2021.

Baca Juga:Hotman Sebut Teddy Minahasa Tak Ada Kaitan dengan Temuan Barbuk Narkoba di Rumah AKBP Dody

Dalam perjalanan kariernya, Frappart dibesarkan di Herblay sur Suine dan mulai menjadi wasit pertandingan remaja pada usia 13 tahun. Pada saat dia berusia 18 tahun, Frappart sudah menjadi wasit pertandiangan nasional u-19. Kemudian pada tahun 2011, dia mulai menjadi wasit pertandingan di Championnat Nasional divisi ketiga sepak bola pria di Prancis.

Kemudian pada tahun 2014, Frappart menjadi wasit wanita pertama di Ligue 2 kasta kedua sepak bola pria professional di Prancis dan dia menjabat sebagai wasit di Piala Dunia Wanita FIFA 2015 di Kanada.

Stephanie Frappart. (AFP)
Stephanie Frappart. (AFP) (sumber:)

Pada 3 Desember 2018, Frappart ditunjuk untuk memimpin Piala Dunia Wanita FIFA 2019 di Prancis. Frappart kemudian ditunjuk untuk menjadi wasit final turnamen yang diperebutkan pada 7 Juli 2019 antara Amerika Serikat dan Belanda.

Pada tahun 2019, dia juga diumumkan akan menjadi wasit wanita pertama di Liga 1 Prancis dengan memimpin pertandingan pertamanya memimpin laga antara SC Amiens dan RC Strasborg. Pada Agustus 2019, Frappart ditunjuk sebagai wasit Piala Super UEFA 2019 antara Liverpool melawan Chelsea. Dengan demikian, dia menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan utama pira Eropa.

Pada 11 November 2019, Frappart meresmikan leg kedua kompetisi Liga Champions perdananya. Selanjutnya pada 2 Desember 2022, dia menjadi wasit wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Liga Chamions EUFA antara Juventus melawan Dynamo Kyiv. Pada 21 Maret 2021 kemudian, Frappart memimpin leg kedua pertandingan Liga Champions Wanita UEFA antara Atletico Madrid dan Chelsea.

Baca Juga:Cristiano Ronaldo Resmi Tinggalkan Manchester United, Bruno Fernandes: Tak Ada yang Abadi

Demikianlah sejumlah rekor yang telah menjadi catatan bagi karier Stephanie Frappart.

Sport

Terkini

Dalam tangkapan layar percakapan Yessy dan Rian Dono yang diunggah di Tiktok, terlihat bahwa Yessy meminta sertifikat rumah karena dianggap sebagai uang pengganti orangtuanya sudah membesarkan hingga sekarang.

Entertainment | 19:47 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakLeo,VirgodanLibrauntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:21 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakTaurus,GeminidanCanceruntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:18 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakAquarius,PiscesdanAriesuntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:14 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikutramalan zodiakScorpio,SagitariusdanCapricornuntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:10 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Sabtu, 3 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com.

Lifestyle | 10:13 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Sabtu, 3 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com:

Lifestyle | 10:06 WIB

"Aku ingin jadi istrimu, Pak Sambo. Love you," kata Sarifah Imas Sahab.

News | 10:02 WIB

Menuai simpati publik ketika Yessy menuliskan "Undangan yang disebar nama aku, undangan yang disebar foto aku, tapi begitu hari H pengantinnya bukan aku". Sekitar 785ribu orang menyukai video tersebut dan memberi dukungan terhadap Yessy.

Entertainment | 09:51 WIB

Dengan kegagalan Australia untuk membuat kelas Piala Dunia, bek Real Madrid David Alaba pergi ke Maladewa untuk beristirahat dan memulihkan diri tampak setiap inci pesepakbola profesional sedang berlibur saat ia berpose di pantai dengan gaya paling tajam.

Lifestyle | 20:48 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Ingin lebih pede jadi alasan mereka oplas di bagian hidung.

Gosip | 07:30 WIB

Pinkan Mambo sempat tak terima dengan pernyataan Maia Estianty, soal dirinya dikatakan tidak disiplin.

Gosip | 07:05 WIB

Atta Halilintar dapat kue ulang tahun dari seorang pengusaha.

Gosip | 06:30 WIB

Lewat unggahan Instagram, Mayang memamerkan hobi barunya yang ramai dipuji keren.

Gosip | 06:05 WIB

Azka Raqilla Mawardi, anak Nikita Mirzani nampaknya tidak tahu bahwa sang ibu masih ditahan karena kasus pencemaran nama baik sehingga tidak pulang.

Gosip | 00:05 WIB
Tampilkan lebih banyak