Bukan Karena Mbak Rara, Wishnutama Beberkan Proses Modifikasi Cuaca Saat KTT G20 di Bali yang Membuat Cuaca Aman Terkendali

Wishnutama yang berposisi sebagai Koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan dalam Kepanitiaan Nasional Presidensi G20 Indonesia, melalui akun instagram pribadinya @wishnutama pada Sabtu (19/11/2022), membeberkan cuaca aman terkendali merupakan hasil kerja dari Tim Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca.

Yanti Agustjik
Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
Bukan Karena Mbak Rara, Wishnutama Beberkan Proses Modifikasi Cuaca Saat KTT G20 di Bali yang Membuat Cuaca Aman Terkendali
Unggahan Proses Modifikasi Cuaca KTT G20 Indonesia 2022 oleh Wishnutama (Instagram)

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah sukses diselenggarakan di Bali, Indonesia pada tanggal 15 dan 16 November 2022 kemarin. Berlangsung megah, acara akbar tersebut banjir pujian dari seluruh pimpinan dunia.

Satu hal yang menjadi perhatian, meski dilangsungkan pada bulan November yang dikenal sebagai musim hujan, dimana biasanya tiada hari tanpa hujan, namun selama acara tersebut berlangsung tidak sedikitpun hujan menyambangi.

Wishnutama yang berposisi sebagai Koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan dalam Kepanitiaan Nasional Presidensi G20 Indonesia, melalui akun instagram pribadinya @wishnutama pada Sabtu (19/11/2022), membeberkan cuaca aman terkendali merupakan hasil kerja dari Tim Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

“Banyak yang penasaran tanya sama saya, gimana sih proses modifikasi cuaca saat penyelenggaraan #g20indonesia di Bali?” tulis Wishnutama di unggahan video yang memperlihatkan proses modifikasi cuaca yang didukung oleh banyak pihak terkait.

Baca Juga:Sebut Saja SASA, Mantan Kekasih RD yang Batal Dinikahi Karena Istri Sah RD Hamil Duluan, Ungkap Denise Chariesta

Unggahan Proses Modifikasi Cuaca KTT G20 Indonesia 2022 oleh Wishnutama [Instagram]
Unggahan Proses Modifikasi Cuaca KTT G20 Indonesia 2022 oleh Wishnutama (sumber: Instagram)

Wishnutama pun menjelaskan bahwa Tim Operasi TMC didukung oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan TNI Angkatan Udara (AU).

“Alhamdulillah saya dapat kiriman photo2 dari Marsma Ronald Siregar dan footages video dari Kapt @chand_aw saat Skadron 4 Udara Lanud Abdurrachman Saleh yang dipimpin oleh Mayor Pnb Deharday Nugraha dan Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma yang dipimpin oleh Letkol Pnb Armin Yusuf pada saat melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca yang dilakukan lewat penyemaian garam terhadap awan yang berpotensi terjadinya hujan dikawasan penyelenggaraan KTT G20,” lanjut tulisan Wishnutama.

Dijelaskan bahwa Tim Operasi TMS menggunakan 4 pesawat milik TNI AU menebar melaui 28 sorti penerbangan untuk membawa total 29 ton garam. Pesawat disiagakan di dua posko teknologi modifikasi cuaca, yaitu satu pesawat di Posko Banyuwangi dan tiga pesawat di Posko Lombok. Hal ini dilakukan sebagai upaya menghalau awan sehingga hujan turun sebelum memasuki area penyelenggaraan KTT G20.

Unggahan Proses Modifikasi Cuaca KTT G20 Indonesia 2022 oleh Wishnutama
Unggahan Proses Modifikasi Cuaca KTT G20 Indonesia 2022 oleh Wishnutama (sumber:)

“Tim TMC yang menggunakan empat pesawat TNI AU dan membawa total 29 ton garam ang ditabur melalui 28 sorti penerbangan dengan upaya agar awan dapat dihalau dan sempat diturunkan sebagai hujan sebelum area perhelatan, dan awan yang sudah terlanjur menutup merata di atas perhelatan sempat diturunkan sebagai hujan beberapa jam sebelum acara dimulai,” ungkap Wishutama.

Wishnutama pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak pendukung terkait, “Sekali lagi terima kasih banyak Menkomarves Pak Luhut Pandjaitan, MenPUPR Pak Basuki, Kepala BMKG Bu Dwi Korita Karnawati, KASAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Deputi Kemenkomarves Odo Manuhutu dan Tim TMC (BMKG, BRIN, TNI AU, Airnav),”.

Baca Juga:Denise Chariesta Ungkap Istri Sah RD Tak Becus Jaga Anak dan Sudah Ijinkan RD Selingkuh Asalkan Tetap Banyak Duit

Mayor Pnb Deharday Nugraha [Instagram]
Mayor Pnb Deharday Nugraha (sumber: Instagram)

Dalam pantauan tangsel.suara.com, Mayor Pnb Deharday Nugraha selaku pemimpin Skadron 4 Udara Lanud Abdurrachman Saleh pun memberikan tanggapan dalam kolom komentar unggahan Wishnu Tama tersebut. “Siap ijin. Terima kasih banyak Bapak atas apresiasi yang diberikan. Suatu kehormatan yang tiada tara kami bisa berkontribusi positif dalam menjaga nama harum bangsa dan Negara,”.

KTT G20 di Bali kemarin memang menyisakan kebanggaan luar biasa untuk seluruh bangsa dan negara Indonesia. Makan malam yang sangat megah, dengan sajian seni dan budaya Indonesia di atas panggung, dekorasi yang menonjolkan ragam adat istiadat Indonesia, serta makanan yang dimasak oleh Chef Ternama Indonesia, Arnold Po beserta tim.

News

Terkini

Dalam tangkapan layar percakapan Yessy dan Rian Dono yang diunggah di Tiktok, terlihat bahwa Yessy meminta sertifikat rumah karena dianggap sebagai uang pengganti orangtuanya sudah membesarkan hingga sekarang.

Entertainment | 19:47 WIB

Senegal, Maroko, Tunisia, Kamerun, Ghana memecahkan rekor Afrika selama penyisihan grup Piala Dunia FIFA edisi ke 22 yang berlangsung di Qatar, Timur Tengah. Afrika sebelumnya belum pernah mendaftarkan lebih dari tiga kemenangan di babak penyisihan grup dalam satu Piala Dunia.

Sport | 19:25 WIB

Bek kanan timnas Brazil Dani Alves mengatakan bahwa kekalahan 1-0 atas Kamerun pada pertandingan pamungkas mereka di Grup G yang berlangsung di Lusail Stadium semalam merupakan sinyal bahaya bagi skuad Selecao di Piala Dunia 2022.

Sport | 15:35 WIB

Pemain timnas Tunisia Wahbi Khazri mengumumkan bahwa dirinya telah resmi pensiun dari dunia sepak bola pasca negaranya tersingkir dari Piala Dunia 2022, Qatar. Penyerang berusia 31 tahun itu pensiun sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang untu negaranya di Piala Dunia.

Sport | 15:25 WIB

Legenda sepak bola timnas Brazil, Pele telah didiagnosa menderita infeksi pernapasan dan sedang dirawat di rumah sakit Sao Paulo. Kekhawatiran muncul pada hari Rabu ketika pemberitaan olahraga di sana memberitakan bahwa Pele telah dirawat di Rumah Sakit Albert Einstein dengan pembengkakan umum.

Sport | 15:16 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakLeo,VirgodanLibrauntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:21 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakTaurus,GeminidanCanceruntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:18 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikut ramalanzodiakAquarius,PiscesdanAriesuntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:14 WIB

Dilansir dari Astrotalk, berikutramalan zodiakScorpio,SagitariusdanCapricornuntuk hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Lifestyle | 12:10 WIB

Simak peruntungan astrologi China harian, menurut masing-masing shio untuk Sabtu, 3 Desember 2022 yang dilansir dari Astrology.com.

Lifestyle | 10:13 WIB

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengungkapkan ada transaksi narkoba di rumah kos Dusun Padang, Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Metropolitan | 12:44 WIB

Sebelumnya, empat orang didakwa dalam kasus pernikahan manusia dengan kambing menggunakan syariat Islam.

Metropolitan | 12:17 WIB

Saat ini Menteri PUPR kembali menjadi sorotan warganet setelah video ngerapnya diunggah oleh akun Twitter @KemenPU di media sosial Twitter.

Metropolitan | 18:30 WIB

"Kekosongan Sekda ini karena dia dilantik ya, itu dia membantu pak Gubernur..."

Metropolitan | 17:06 WIB

"Bhabin kan terima info dari pihak Bidakara kalau ini mobil kok dari kemarin enggak bergerak posisinya. Dicek lah sama mereka, akhirnya kok ada orang di dalamnya..."

Metropolitan | 16:42 WIB

Ingin lebih pede jadi alasan mereka oplas di bagian hidung.

Gosip | 07:30 WIB

Pinkan Mambo sempat tak terima dengan pernyataan Maia Estianty, soal dirinya dikatakan tidak disiplin.

Gosip | 07:05 WIB

Atta Halilintar dapat kue ulang tahun dari seorang pengusaha.

Gosip | 06:30 WIB

Lewat unggahan Instagram, Mayang memamerkan hobi barunya yang ramai dipuji keren.

Gosip | 06:05 WIB

Azka Raqilla Mawardi, anak Nikita Mirzani nampaknya tidak tahu bahwa sang ibu masih ditahan karena kasus pencemaran nama baik sehingga tidak pulang.

Gosip | 00:05 WIB
Tampilkan lebih banyak