Pengertian Profit Taking, Cut Loss, dan Stop Loss Pada Investasi Saham

Saat Anda mempelajari strategi investasi di pasar saham, terdapat beberapa istilah yang pasti kerap Anda dengar, yakni profit taking, cut loss, dan stop loss saham.

Dwi Hadianto
Jum'at, 23 September 2022 | 09:19 WIB
Pengertian Profit Taking, Cut Loss, dan Stop Loss Pada Investasi Saham
Profit Taking (Instagram)

Saat Anda mempelajari strategi investasi di pasar saham, terdapat beberapa istilah yang pasti kerap Anda dengar, yakni profit taking, cut loss, dan stop loss saham.

Secara singkatnya, cut loss adalah istilah yang biasanya digunakan investor ketika kinerja portofolio mereka sedang menurun, sdangkan profil taking adalah sebaliknya, yakni istilah yang digunakan terjadi kenaikan kinerja atas portofolio saham. Sementara itu, stop loss adalah perintah otomatis untuk membeli atau menjual saham ketika mencapai harga tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian profit taking, cut loss, dan stop loss, Anda dapat membaca artikel berikut.

Pengertian Profit Taking 

Profit taking adalah tindakan investor menjual sekuritas atau aset portofolio mereka untuk menjaga kinerja imbal hasil setelah mengalami kenaikan yang signifikan.

Baca Juga:Apa Itu Obligasi: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Bedanya dengan Saham

Bisa dikatakan, profit taking adalah aksi ambil untung yang dilakukan oleh investor karena terjadi kenaikan harga saham dalam periode yang cepat yang biasanya disebabkan oleh sentimen tertentu.

Meski profit taking menguntungkan bagi investor yang bersangkutan, profit taking juga bisa berdampak pada investor lainnya. Kerugian tersebut terjadi ketika harga aset mereka tiba-tiba melemah karena terjadi aksi jual yang terjadi secara masif dan dalam satu periode waktu.

Aksi profit taking yang dilakukan beramai-ramai bisa berdampak pada harga saham sebuah perusahaan, harga saham secara kumulatif pada sektor tertentu, atau bahkan keseluruhan pasar keuangan. Bila harga sebuah produk investasi merosot secara tiba-tiba setelah sebelumnya sempat menguat, tanpa adanya isu atau sentimen negatif yang memengaruhi produk tersebut, biasanya diakibatkan oleh aksi profit taking oleh investor.

Pengertian Cut Loss 

Cut loss adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan investor untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham karena harga saham mereka bergerak turun. Istilah cut loss sendiri berasal dari kata idiom Bahasa Inggris, cut one's losses. Kamus Merriam Webster mendefinisikan cut one's losses sebagai menghentikan aktivitas atau kegiatan usaha yang gagal untuk mengurangi kerugian yang lebih jauh.

Baca Juga:Viral Video Jenazah di Kediri Diantar Perangkat Desa, Ternyata Almarhum dan Keluarganya Keterbelakangan Mental

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada laman sikapiuangmu.ojk.go.id menjelaskan, cut loss saham adalah istilah yang digunakan ketika kita menjual saham pada harga yang lebih rendah dari harga belinya, sehingga kita mengalami kerugian (loss). Sama seperti arti dari idiom Bahasa Inggris yang telah dijelaskan sebelumnya, cut loss bukan untuk merealisasikan kerugian, tapi untuk mencegah kerugian yang lebih besar bila harga saham yang dipegang terus menurun.

Pengertian Stop Loss 

Stop loss adalah istilah yang menggambarkan batasan untuk membatasi kerugian yang dialami oleh trader atau investor, baik ketika membeli atau menjual saham. Stop loss adalah perintah yang diberikan kepada broker untuk membeli atau menjual saham ketika mencapai harga tertentu. Dengan demikian, investor dapat mengurangi kerugian akibat membeli atau menjual saham tertentu.

Misalnya, Anda menetapkan stop-loss order 10 persen di bawah harga saat Anda membeli saham, artinya Anda membatasi kerugian Anda hingga 10 persen. Misalkan Anda baru saja membeli Microsoft (MSFT) seharga dollar AS per saham. Tepat setelah membeli saham, Anda memasukkan perintah stop-loss seharga 18 dollar AS. Jika saham turun di bawah 18 dollar AS, maka saham Anda akan dijual pada harga pasar yang berlaku.

Lifestyle

Terkini

Tersangka sekaligus dalang atas kasus pembunuhan mendiang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yakniFerdy Sambokini mau buka suara terkait motif yang mendasari dirinya menghilangkan nyawa ajudannya tersebut.

News | 18:14 WIB

Setelah sempat beredar kabar bahwa Lesti Kejora mengalami masalah di kerongkongan hingga mengancam fungsi pita suaranya akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya, Rizki Billar, ada kabar terkini terkait kondisi Lesti.

Entertainment | 17:19 WIB

Pitt diduga pernah mencekik anaknya yang lain ketika berkelahi dengan Joliedi sebuah pesawat pribadi dalam perjalanan dari California ke Prancis pada bulan September 2016 silam, ketika keduanya masih dalam ikatan pernikahan.

Entertainment | 14:14 WIB

Publik hingga kini masih terus mengamati perkembangan kasus kekerasan yang dilakukanRizki BillarterhadapLesti Kejora. Banyak yang penasaran, bagaimana nasib Billar setelah dilaporkan oleh Lesti ke pihak ke kepolisian.

Entertainment | 13:38 WIB

Vega Darwantimengabarkan kondisi terkini dariseniornya tersebut. Vega mengatakan keadaan sang komedian semakin membaik.

Entertainment | 13:17 WIB

"Masa' laki-laki musuhnya perempuan sih, dia bukan laki-laki tapi perempuan. Kalau laki-laki sudah kata-kata kasar saja, sudah sakit hati perempuan, apalagi sampai main tangan," tegas Dewi Perssik.

Entertainment | 12:53 WIB

Penyanyi Dangdut Kondang, Dewi Perssikmenyampaikan simpatinya dan turut prihatin dengan peristiwa kekerasan yang menimpa rekannya sesama Juri di salah satu acara kompetisi dangdut, Lesti Kejora.

Entertainment | 12:22 WIB

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan 3 sanksi kepada Arema FC. Hingga akhir musim Singo Edan dilarang main di kandang, yakni di Malang dan denda 250 juta.

Sport | 12:16 WIB

Polisi mengamankan Lesti dengan alasan menghindari kejadian yang menimpa Lesti kembali terulang.

Entertainment | 12:06 WIB

"Nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah (dibentuk kepanitiaan), tinggal sedelok (sebentar)," ujar Gibran.

Entertainment | 11:56 WIB

Air mata di tragedi Kanjuruhan belum kering, namun Divisi Humas Polri sudah menggelar lomba penulisan artikel bertema apresiasi polisi humanis.

Metropolitan | 18:43 WIB

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Metropolitan | 16:46 WIB

Dengan begitu, Gerai SAMSAT milik Pemprov DKI Jakarta bertambah menjadi 15.

Metropolitan | 15:52 WIB

Anggota DPR 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut melaporkan Mamat Alkatiri ke kepolisian usai sang komika me-roasting perihal privilege sejumlah anggota dewan.

Metropolitan | 15:46 WIB

Dinas SDA mengerahkan belasan mobil pompa dan mobil dinas damkar di beberapa lokasi genangan.

Metropolitan | 14:57 WIB

Tak terima pada bagian Reza Arap yang disebut 'ganteng', warganet seolah tak kuasa untuk meninggalkan komentar pedas.

Gosip | 18:41 WIB

Para karyawan yang hendak menolong Lesti Kejora disebut diancam oleh Rizky Billar.

Gosip | 18:24 WIB

Gigi Hadid membela seorang editor majalah fashion yang telah mengkritik kampanye lini mode Kanye West.

Gosip | 18:09 WIB

Lesti Kejora dianiaya usai memergoki Rizky Billar selingkuh.

Gosip | 17:50 WIB

Emma Waroka menjawab pertanyaan warganet tentang aib Rizky Billar yang dibongkar Kim Hawt.

Gosip | 17:40 WIB
Tampilkan lebih banyak