Mahfud MD Mengingatkan Moralitas Terhadap Anggota Polri

Dalam unggahan video di Youtube Polri, Selasa, 20 September 2022, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD membahas tentang moralitas anggotaPolri yang perlu diperhatikan.

Yanti Agustjik
Jum'at, 23 September 2022 | 06:28 WIB
Mahfud MD Mengingatkan Moralitas Terhadap Anggota Polri
Sepak Terjang Karier Mahfud MD (Instagram/mohmahfudmd)

Dalam unggahan video di Youtube Polri, Selasa, 20 September 2022, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD membahas tentang moralitas anggota Polri yang perlu diperhatikan.

Mahfud menilai bahwa kedisiplinan merupakan hal mendasar yang perlu diperhatikan sebagai polisi. Namun yang utama dan paling penting adalah tentang moralitas.

“Sikap tamak, kesombongan, hedonis, sewenang-wenang, itu kan masuk dalam lingkup moralitas kita. Bagaimana menjadi seorang polisi yang humble (rendah hati),” kata Mahfud seakan menyindir banyaknya polisi yang terkesan memiliki gaya hidup hedonis atau bermewah-mewahan.

Mahfud juga sempat sekilas menyebut nama Hoegeng, yang dimaksud adalah Jenderal Hoegeng yang merupakan Kapolri ke-5. Hoegeng terkenang sebagai sosok polisi yang dikenal jujur dan berani di Indonesia, dan dianggap sebagai gambaran bagaimana polisi yang seharusnya.

Baca Juga:TRENDING! Dulu Dibela Netizen, Ternyata Tasya Farasya Diam-diam Hina Tasyi Athasyia Pakai Akun Palsu

Seakan menyadari bahwa untuk menjadi seperti Hoegeng tidaklah mudah, sempat tercetus oleh Mahfud, “barangkali mimpi,”. Hal ini disadari karena memang zaman yang sudah berbeda. Menurutnya, pada masa itu, Hoegeng memang harus bersikap seperti itu.

Namun, Mahfud tetap memberikan arahan yang baik, mengingatkan bahwa ingin menjadi seperti apa, itu bisa dibuat oleh masing-masing diri. Mahfud pun mengungkapkan, bahwa kehadiran Polri bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Najwa Shihab [instagram]
Najwa Shihab (sumber: instagram)

Tentang hedonisme anggota Polri yang disampaikan Mahfud, senada dengan yang disuarakan oleh Jurnalis Kondang, Najwa Shihab. Belakangan, Najwa memang sedang menjadi sorotan karena bersuara lantang mengenai polisi yang bermewah-mewah.

Bahkan Najwa menyebut, banyak polisi yang tidak malu untuk menunjukkan kemewahan, yang apabila dihitung dengan gaji dan tunjangan yang di dapat oleh polisi, maka tidak sesuai.

"Polisi ini kerap tidak malu mempertontonkan kemewahan atau gaya hidup hedon. Bukan hanya polisinya, tapi keluarganya juga," kata Najwa dalam channel Youtubenya, Rabu (21/9).

Baca Juga:Langkah-langkah Mengajukan Sertifikat Tanah Baru, Apabila Sertifikat Tanah Rusak atau Hilang

“Maksudku, problemnya adalah ketika pejabat-pejabat ini yang kita tahu gaji kamu seberapa, tunjanganmu seberapa, dan tidak matching (tidak sesuai) gaya hidup mewahnya dengan pendapatan mereka. Jadikan wajar orang bertanya-tanya, ‘halal tidak sih duit lu?’,” tambahnya.

News

Terkini

Setelah sempat beredar kabar bahwa Lesti Kejora mengalami masalah di kerongkongan hingga mengancam fungsi pita suaranya akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya, Rizki Billar, ada kabar terkini terkait kondisi Lesti.

Entertainment | 17:19 WIB

Pitt diduga pernah mencekik anaknya yang lain ketika berkelahi dengan Joliedi sebuah pesawat pribadi dalam perjalanan dari California ke Prancis pada bulan September 2016 silam, ketika keduanya masih dalam ikatan pernikahan.

Entertainment | 14:14 WIB

Publik hingga kini masih terus mengamati perkembangan kasus kekerasan yang dilakukanRizki BillarterhadapLesti Kejora. Banyak yang penasaran, bagaimana nasib Billar setelah dilaporkan oleh Lesti ke pihak ke kepolisian.

Entertainment | 13:38 WIB

Vega Darwantimengabarkan kondisi terkini dariseniornya tersebut. Vega mengatakan keadaan sang komedian semakin membaik.

Entertainment | 13:17 WIB

"Masa' laki-laki musuhnya perempuan sih, dia bukan laki-laki tapi perempuan. Kalau laki-laki sudah kata-kata kasar saja, sudah sakit hati perempuan, apalagi sampai main tangan," tegas Dewi Perssik.

Entertainment | 12:53 WIB

Penyanyi Dangdut Kondang, Dewi Perssikmenyampaikan simpatinya dan turut prihatin dengan peristiwa kekerasan yang menimpa rekannya sesama Juri di salah satu acara kompetisi dangdut, Lesti Kejora.

Entertainment | 12:22 WIB

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan 3 sanksi kepada Arema FC. Hingga akhir musim Singo Edan dilarang main di kandang, yakni di Malang dan denda 250 juta.

Sport | 12:16 WIB

Polisi mengamankan Lesti dengan alasan menghindari kejadian yang menimpa Lesti kembali terulang.

Entertainment | 12:06 WIB

"Nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah (dibentuk kepanitiaan), tinggal sedelok (sebentar)," ujar Gibran.

Entertainment | 11:56 WIB

Semenjak terkuakny kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang menimpaLesti Kejora,Rizki DA seakan mendapatkan sorotan publik. Hal ini dikarenakan hubungan keduanya yang sempat berlangsung lama, meskipun berujung kandas.

Entertainment | 11:33 WIB

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Metropolitan | 16:46 WIB

Dengan begitu, Gerai SAMSAT milik Pemprov DKI Jakarta bertambah menjadi 15.

Metropolitan | 15:52 WIB

Anggota DPR 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut melaporkan Mamat Alkatiri ke kepolisian usai sang komika me-roasting perihal privilege sejumlah anggota dewan.

Metropolitan | 15:46 WIB

Dinas SDA mengerahkan belasan mobil pompa dan mobil dinas damkar di beberapa lokasi genangan.

Metropolitan | 14:57 WIB

Agro eduwisata dapat membantu mewujudkan target Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta.

Metropolitan | 14:34 WIB

Para karyawan yang hendak menolong Lesti Kejora disebut diancam oleh Rizky Billar.

Gosip | 18:24 WIB

Gigi Hadid membela seorang editor majalah fashion yang telah mengkritik kampanye lini mode Kanye West.

Gosip | 18:09 WIB

Lesti Kejora dianiaya usai memergoki Rizky Billar selingkuh.

Gosip | 17:50 WIB

Emma Waroka menjawab pertanyaan warganet tentang aib Rizky Billar yang dibongkar Kim Hawt.

Gosip | 17:40 WIB

Lesti Kejora sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Gosip | 17:34 WIB
Tampilkan lebih banyak