Kenapa Paket Ekspedisi Tidak Bisa Langsung Sampai? Simak Alur Pengiriman Paket Melalui Ekspedisi JNE

Seringkali pembeli merasa bingung ketika barang yang dibeli tak kunjung sampai. Perlu diketahui, barang yang dikirimkan melalui ekspedisi memang tidak langsung diantarkan dari tempat penjual mengirimkan barang, atau cabang agen ekspedisi di daerahnya. Namun ada alur pengiriman yang harus dilalui.

Yanti Agustjik
Rabu, 21 September 2022 | 12:52 WIB
Kenapa Paket Ekspedisi Tidak Bisa Langsung Sampai? Simak Alur Pengiriman Paket Melalui Ekspedisi JNE
Logo Ekspedisi JNE (Twitter)

Membeli barang secara online sudah menjadi hal yang lazim pada era sekarang, dimana barang bisa sampai di tangan pembeli tanpa harus datang ke lokasi penjual.

Pengiriman barang dilakukan melalui jasa kurir instan atau ekspedisi. Salah satu ekspedisi yang sudah besar dan memiliki kepercayaan banyak pembeli adalah ekspedisi JNE.

Seringkali pembeli merasa bingung ketika barang yang dibeli tak kunjung sampai. Perlu diketahui, barang yang dikirimkan melalui ekspedisi memang tidak langsung diantarkan dari tempat penjual mengirimkan barang, atau cabang agen ekspedisi di daerahnya. Namun ada alur pengiriman yang harus dilalui.

ALUR PENGIRIMAN PAKET MELALUI EKSPEDISI JNE

Berikut alur pengiriman barang melalui ekspedisi JNE;

Baca Juga:Miris! Orangtua Asyik Karaoke, Balita Ditinggal Sendiri Lalu Jatuh Dari Lantai Tiga Hingga Tewas

*PENYERAHAN BARANG OLEH PENJUAL

Alur pertama dalam pengiriman barang melalui ekspedisi adalah penjual menyerahkan barang ke ekspedisi. Baik datang langsung ke agen, atau sekarang sudah bisa dengan cara penjemputan oleh kurir ke lokasi penjual. Jika dilakukan 'tracking' melalui nomor resi, maka biasanya akan tertulis status 'Shipment Picked Up By JNE Courier'.

*PENERIMAAN BARANG OLEH PETUGAS JNE

Alur berikutnya, barang akan diterima oleh petugas JNE pada lokasi terdekat dari penjual. Kemudian barang akan ditampung dan diproses untuk diberangkatkan ke kota tujuan. Dalam proses ini, jika dilakukan 'tracking' melalui nomor resi, maka biasanya akan tertulis status 'Shipment Received By JNE counter officer'.

*TIBA DI TEMPAT SORTIR

Baca Juga:UU Perlindungan Data Pribadi Disahkan! Mengumpulkan, Mengungkapkan, Menggunakan dan Memalsukan Data Pribadi Bukan Miliknya Dikenakan Ancaman Pidana

Setelah diterima di tempat JNE terdekat, barang akan dilanjutkan ke bagian penyortiran, atau di tempat sortir untuk diklasifikasikan berdasarkan alamat serta layanan pengiriman. Jika dilakukan 'tracking' melalui nomor resi, maka biasanya akan tertulis status 'manifested' atau 'Received at Sorting Center'.

*DALAM MASA TRANSIT

Setelah di tiba di tempat sortir, maka barang akan diproses untuk dipisahkan berdasarkan jalur pengiriman, yakni melalui darat, laut atau udara. Dan proses ini juga sebagai masa tunggu hingga paket diberangkatkan ke kota tujuan atau gudang pusat terdekat dari lokasi. Jika dilakukan 'tracking' melalui nomor resi, maka biasanya akan tertulis status 'Processed At Sorting Center' atau 'In Transit'.

*PAKET DIBERANGKATKAN DAN DITERIMA DI GUDANG

Proses berikutnya adalah pemberangkatan barang ke kota tujuan atau gudang pusat terdekat dari lokasi. Jika dilakukan 'tracking' melalui nomor resi, maka biasanya akan tertulis status 'Departed from Transit'. Dan jika sudah tiba di gudang pusat terdekat dari lokasi tujuan, status akan berubah menjadi 'Received at Warehouse'.

*PENGIRIMAN KE CABANG TUJUAN

Setelah dari gudang pusat, barang akan diantarkan ke cabang terdekat dari lokasi tujuan. Status yang tertulis apabila dilakukan 'tracking' adalah 'Shipment Forwarded To Destination'. Sampai di cabang yang dituju, status pun akan berubah menjadi 'Received on Destination'.

*PENGANTARAN KE LOKASI PEMBELI

Jika sudah tiba di cabang terdekat dari lokasi tujuan, maka barang akan melalui proses terakhir yakni pengiriman ke lokasi pembeli melalui kurir yang ditugaskan. Dan jika barang sudah diterima, dalam status 'tracking' akan tertulis 'Delivered'.

News

Terkini

Setelah sempat beredar kabar bahwa Lesti Kejora mengalami masalah di kerongkongan hingga mengancam fungsi pita suaranya akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya, Rizki Billar, ada kabar terkini terkait kondisi Lesti.

Entertainment | 17:19 WIB

Pitt diduga pernah mencekik anaknya yang lain ketika berkelahi dengan Joliedi sebuah pesawat pribadi dalam perjalanan dari California ke Prancis pada bulan September 2016 silam, ketika keduanya masih dalam ikatan pernikahan.

Entertainment | 14:14 WIB

Publik hingga kini masih terus mengamati perkembangan kasus kekerasan yang dilakukanRizki BillarterhadapLesti Kejora. Banyak yang penasaran, bagaimana nasib Billar setelah dilaporkan oleh Lesti ke pihak ke kepolisian.

Entertainment | 13:38 WIB

Vega Darwantimengabarkan kondisi terkini dariseniornya tersebut. Vega mengatakan keadaan sang komedian semakin membaik.

Entertainment | 13:17 WIB

"Masa' laki-laki musuhnya perempuan sih, dia bukan laki-laki tapi perempuan. Kalau laki-laki sudah kata-kata kasar saja, sudah sakit hati perempuan, apalagi sampai main tangan," tegas Dewi Perssik.

Entertainment | 12:53 WIB

Penyanyi Dangdut Kondang, Dewi Perssikmenyampaikan simpatinya dan turut prihatin dengan peristiwa kekerasan yang menimpa rekannya sesama Juri di salah satu acara kompetisi dangdut, Lesti Kejora.

Entertainment | 12:22 WIB

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan 3 sanksi kepada Arema FC. Hingga akhir musim Singo Edan dilarang main di kandang, yakni di Malang dan denda 250 juta.

Sport | 12:16 WIB

Polisi mengamankan Lesti dengan alasan menghindari kejadian yang menimpa Lesti kembali terulang.

Entertainment | 12:06 WIB

"Nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah (dibentuk kepanitiaan), tinggal sedelok (sebentar)," ujar Gibran.

Entertainment | 11:56 WIB

Semenjak terkuakny kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang menimpaLesti Kejora,Rizki DA seakan mendapatkan sorotan publik. Hal ini dikarenakan hubungan keduanya yang sempat berlangsung lama, meskipun berujung kandas.

Entertainment | 11:33 WIB

"Coba bayangkan bola itu dilempar kalau kena kepala bagaimana? Bisa pecah," kata Zulpan

Metropolitan | 19:15 WIB

Air mata di tragedi Kanjuruhan belum kering, namun Divisi Humas Polri sudah menggelar lomba penulisan artikel bertema apresiasi polisi humanis.

Metropolitan | 18:43 WIB

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Metropolitan | 16:46 WIB

Dengan begitu, Gerai SAMSAT milik Pemprov DKI Jakarta bertambah menjadi 15.

Metropolitan | 15:52 WIB

Anggota DPR 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut melaporkan Mamat Alkatiri ke kepolisian usai sang komika me-roasting perihal privilege sejumlah anggota dewan.

Metropolitan | 15:46 WIB

Foto Brisia Jodie tanpa make rupanya tak sesuai ekspektasi penggemar dan followers-nya.

Gosip | 20:04 WIB

Tasya Farasya sempat membagikan potretnya bersama Tasyi, tetapi langsung dihapus hingga mengundang sejumlah tanya.

Gosip | 19:43 WIB

Lesti Kejora tak lagi menghubungi Hetty Koes Endang di hari ulang tahun.

Gosip | 19:00 WIB

Ridwan Kamil baru saja berulang tahun ke-51 dan mendapat ucapan ulang tahun spesial dari sekelompok orang Afrika.

Gosip | 18:58 WIB

Sejauh ini, Rizky Billar belum bisa dipastikan hadir atau tidak pada Kamis (5/10/2022) besok.

Gosip | 18:52 WIB
Tampilkan lebih banyak