CEK FAKTA: Kata 'Slebew' Di Blokir Kominfo, Jeje CFW Tidak Mengakui Dirinya Pencetus Awal

Jargon yang melekat pada dirinya ini, tentunya langsung menarik Jeje jadi bahan perbincangan. Dikarenakan banyak yang menganggap bahwa kata Slebew dicetuskan pertama kali olehnya. Pemilik nama Jasmine Leticia ini pun langsung melakukan klarifikasi melalui instagram pribadinya.

Yanti Agustjik
Senin, 05 September 2022 | 05:11 WIB
CEK FAKTA: Kata 'Slebew' Di Blokir Kominfo, Jeje CFW Tidak Mengakui Dirinya Pencetus Awal
Ilustrasi Kata Slebew (Situs katagaul)

"Slebew", kata tersebut acap kali diucapkan oleh Selebgram Jeje yang namanya mencuat setelah adanya aksi Citayam Fashion Week di Kawasan Stasiun Dukuh Atas. Bahkan namanya sering dikenal sebagai 'Jeje Slebew'. Namun kini mengucapkan kata tersebut tidak boleh sembarangan, karena telah dilakukan pemblokiran oleh Kominfo.

Kata Slebew tidak menemukan arti khusus jika dicari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahkan ditemukan kata tersebut. Jika dilakukan pencarian arti melalui google, Slebew memiliki arti tidur nyenyak. Namun, Kominfo memandang lain dalam pengartian kata Slebew. Karena setelah ditelusuri, kata Slebew merujuk pada aktivitas dewasa. Bahasa gaul ini sering digunakan untuk konten dewasa yang menyiratkan aktivitas mesum.

Kominfo melakukan pemblokiran kata Slebew, setelah dilakukan penelusuran terhadap situs-situs dewasa dengan maksud untuk pemberantasan. Ternyata ditemukan kata Slebew digunakan sebagai kata kunci alternatif penyedia situs dewasa untuk merujuk ke konten yang disediakan. Diduga hal ini awalnya dilakukan untuk mengacuhkan penelusuran Kominfo dalam pencarian situs dewasa. Hal ini yang menyebabkan kata Slebew termasuk dalam kata yang pantas diblokir menurut Kominfo. Bukan secara makna, namun karena difungsikan negatif oleh situs dewasa.

Kominfo akan memantau akun-akun daring yang menggunakan kata Slebew, seperti nama pengguna, atau judul konten, jika ditemukan ada kata Slebew di dalamnya maka akan diblokir oleh Kominfo.

Baca Juga:CEK FAKTA: Bukan Pelecehan! Putri Candrawathi Mengalami Kekerasan Seksual Oleh Brigadir J

Jeje 'Slebew' [Suara]

Jargon yang melekat pada dirinya ini, tentunya langsung menarik Jeje jadi bahan perbincangan. Dikarenakan banyak yang menganggap bahwa kata Slebew dicetuskan pertama kali olehnya. Pemilik nama Jasmine Leticia ini pun langsung melakukan klarifikasi melalui instagram pribadinya. “MANA ADA JEJE PENDIRI DARI KATA “slebew”, katanya dalam tulisan di Instagram Story @911jelicascalling. “Sebelum ada nya gue niruin suara slebew kan memang ada orang dahulu yang buat kata kata “slebew”,” tambah Jeje.

Jeje pun membantah jika arti Slebew bermakna negatif atau terkait dengan pornografi. Menurut pahamnya, Slebew hanyalah istilah kekinian, yang tidak memiliki makna khusus, hanya sebagai ungkapan agar terlihat seru dan gaul. “Btw untuk informasi, slebew ini tempat gaul yang artinya “anji*" "keren” “kece” “cool” tp di pelesetin jd kata-kata “slebew” aja, yang gue tau pun artinya seperti itu di pergaulan anak jaman skrg,” tegas Jeje.

Melihat penjelasan diatas, benar adalah fakta bahwa Jeje CFW tidak mengakui bahwa ia adalah pencetus kata "Slebew", melainkan ia hanya mengikuti setelah terlebih dahulu ada yang mencetuskan. Bahkan secara definisi, pemahaman Jeje tidak sama dengan Kominfo.

Entertainment

Terkini

Tersangka sekaligus dalang atas kasus pembunuhan mendiang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yakniFerdy Sambokini mau buka suara terkait motif yang mendasari dirinya menghilangkan nyawa ajudannya tersebut.

News | 18:14 WIB

Penyanyi Dangdut Kondang, Dewi Perssikmenyampaikan simpatinya dan turut prihatin dengan peristiwa kekerasan yang menimpa rekannya sesama Juri di salah satu acara kompetisi dangdut, Lesti Kejora.

Entertainment | 12:22 WIB

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan 3 sanksi kepada Arema FC. Hingga akhir musim Singo Edan dilarang main di kandang, yakni di Malang dan denda 250 juta.

Sport | 12:16 WIB

Polisi mengamankan Lesti dengan alasan menghindari kejadian yang menimpa Lesti kembali terulang.

Entertainment | 12:06 WIB

"Nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah (dibentuk kepanitiaan), tinggal sedelok (sebentar)," ujar Gibran.

Entertainment | 11:56 WIB

Semenjak terkuakny kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang menimpaLesti Kejora,Rizki DA seakan mendapatkan sorotan publik. Hal ini dikarenakan hubungan keduanya yang sempat berlangsung lama, meskipun berujung kandas.

Entertainment | 11:33 WIB

Inul Daratistamemang termasuk salah satu orang terdekat Lesti yang terus dimintai pendapatnya terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dialami Lesti Kejora.

Entertainment | 11:01 WIB

"Dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam hari ini Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy 5," ucap Irfan Hakim yang langsung mendapatkan sambutan tepuk tangan penonton di studio.

Entertainment | 10:28 WIB

Keduanya memutuskan bercerai pada 23 Oktober 2017.

Entertainment | 10:22 WIB

Nafa Urbach pun meminta Mikha mendoakannya agar selalu diberi kelancaran rezeki.

Sport | 10:01 WIB

"Coba bayangkan bola itu dilempar kalau kena kepala bagaimana? Bisa pecah," kata Zulpan

Metropolitan | 19:15 WIB

Air mata di tragedi Kanjuruhan belum kering, namun Divisi Humas Polri sudah menggelar lomba penulisan artikel bertema apresiasi polisi humanis.

Metropolitan | 18:43 WIB

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Metropolitan | 16:46 WIB

Dengan begitu, Gerai SAMSAT milik Pemprov DKI Jakarta bertambah menjadi 15.

Metropolitan | 15:52 WIB

Anggota DPR 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut melaporkan Mamat Alkatiri ke kepolisian usai sang komika me-roasting perihal privilege sejumlah anggota dewan.

Metropolitan | 15:46 WIB

Tasya Farasya sempat membagikan potretnya bersama Tasyi, tetapi langsung dihapus hingga mengundang sejumlah tanya.

Gosip | 19:43 WIB

Lesti Kejora tak lagi menghubungi Hetty Koes Endang di hari ulang tahun.

Gosip | 19:00 WIB

Ridwan Kamil baru saja berulang tahun ke-51 dan mendapat ucapan ulang tahun spesial dari sekelompok orang Afrika.

Gosip | 18:58 WIB

Sejauh ini, Rizky Billar belum bisa dipastikan hadir atau tidak pada Kamis (5/10/2022) besok.

Gosip | 18:52 WIB

Tak terima pada bagian Reza Arap yang disebut 'ganteng', warganet seolah tak kuasa untuk meninggalkan komentar pedas.

Gosip | 18:41 WIB
Tampilkan lebih banyak